Tol Bima: Sulawesi Kini Lebih Terhubung, Habiskan Dana Rp4 Triliun, Waktu Tempuh Manado-Bitung Hanya 35 Menit

- 20 September 2023, 05:50 WIB
Tol Bima: Sulawesi Kini Lebih Terhubung, Habiskan Dana Rp4 Triliun, Waktu Tempuh Manado-Bitung Hanya 35 Menit/Dok. Instagram.com @bayu_noreh
Tol Bima: Sulawesi Kini Lebih Terhubung, Habiskan Dana Rp4 Triliun, Waktu Tempuh Manado-Bitung Hanya 35 Menit/Dok. Instagram.com @bayu_noreh /

CilacapUpdate.com - Pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia semakin pesat setiap tahunnya. Salah satu perkembangan terbesarnya adalah pembangunan jalan tol yang tersebar di berbagai wilayah.

Di Sulawesi, terdapat sebuah jalan tol yang menjadi sorotan, yaitu Tol Bima. Tol ini diakui sebagai yang terpanjang di Sulawesi dan telah mengubah peta konektivitas di wilayah tersebut.

Dilansir dari situs resmi pu.go.id, Tol Bima, singkatan dari Manado - Bitung, telah diresmikan dan beroperasi sejak 25 Februari 2022.

Jalan tol ini membentang sepanjang 39,8 kilometer, menjadikannya yang terpanjang di Sulawesi. Namun, panjangnya bukan satu-satunya hal yang mengesankan.

Pengguna Tol Bima kini hanya memerlukan waktu sekitar 35 menit untuk menempuh jarak antara Manado dan Bitung, perjalanan yang sebelumnya memakan waktu lebih lama.

Baca Juga: Noi Coffee: Destinasi Nongkrong Instagramable di Kota Batu Malang dengan Nuansa Lereng Gunung Arjuno

Pembangunan Tol Bima merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dengan total investasi mencapai Rp4,95 triliun.

Presiden Jokowi berharap bahwa jalan tol ini akan memberikan banyak manfaat bagi Sulawesi Utara, termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut melebihi rata-rata nasional.

Selain itu, tol ini juga diharapkan dapat mengurangi beban pada jalan arteri nasional yang semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan

Sumber: pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x