Bekas Pabrik Gula di Brebes, Jateng, Kini Bersinar sebagai Rest Area Tol Terbaru dengan Biaya Rp250 Miliar

- 12 September 2023, 20:30 WIB
Bekas Pabrik Gula di Brebes, Jateng, Kini Bersinar sebagai Rest Area Tol Terbaru dengan Biaya Rp250 Miliar/Dok. Wikipedia
Bekas Pabrik Gula di Brebes, Jateng, Kini Bersinar sebagai Rest Area Tol Terbaru dengan Biaya Rp250 Miliar/Dok. Wikipedia /

CilacapUpdate.com - Pabrik Gula PG Banjaratma di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang dahulu menjadi ikon industri gula, kini telah berubah menjadi sebuah rest area megah di Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Transformasi ini menelan investasi sebesar Rp250 miliar dan telah menciptakan sebuah destinasi istimewa yang menawarkan beragam fasilitas untuk para pengendara.

Pabrik gula yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1908 ini telah mengakhiri operasinya pada tahun 1997.

Bangunan bersejarah seluas 10,5 hektar ini telah diakui sebagai cagar budaya. Namun, sejak pembangunan Jalan Tol Trans Jawa dimulai, pabrik gula Banjaratma mengalami revitalisasi yang luar biasa.

Baca Juga: Mengungkap Misteri Brebes! Kota dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Terbesar di Jawa Tengah

Proyek revitalisasi ini melibatkan sejumlah konsorsium, termasuk PT Waskita Toll Road dan PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN).

Total dana investasi sebesar Rp250 miliar dialokasikan untuk mengubah bekas pabrik gula ini menjadi rest area yang mewah dan fungsional.

Rest area Banjaratma yang terletak di tol KM 260 B ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang menjadikannya tempat yang sempurna untuk beristirahat dan bersantai.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x