Mendekati Kelancaran di Jawa Barat: Tol Puncak Bogor - Cianjur Akan Menghubungkan Lima Daerah Strategis

- 1 Agustus 2023, 12:05 WIB
Ilustrasi. Mendekati Kelancaran di Jawa Barat: Tol Puncak Bogor - Cianjur Akan Menghubungkan Lima Daerah Strategis/Tangkapan Layar/Instagram.com @infopuncak.bgr
Ilustrasi. Mendekati Kelancaran di Jawa Barat: Tol Puncak Bogor - Cianjur Akan Menghubungkan Lima Daerah Strategis/Tangkapan Layar/Instagram.com @infopuncak.bgr /

CilacapUpdate.com - Kabar gembira bagi masyarakat yang sering mengunjungi daerah Puncak di Bogor, karena dalam waktu dekat akan segera dibangun jalan tol Puncak - Cianjur.

Rencana pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang terjadi setiap tahunnya di wilayah tersebut, serta berpotensi meningkatkan perekonomian di area pariwisata yang menjadi favorit.

Merujuk dari cuitan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui akun Twitternya pada Minggu, 16 Juli 2023, Jalan Tol Puncak - Cianjur menjadi hasil dari aspirasi masyarakat Bogor dan Cianjur yang telah didengarkan dan ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Baca Juga: Mimpi Perguruan Tinggi Impian? Cek 5 Universitas Terbaik di Bogor versi EduRank, Ada Kampus Favoritmu?

Rencananya, jalur tol ini akan dibangun oleh PUPR BPJT dengan panjang mencapai 51,8 km, membentang mulai dari Caringin, Megamendung hingga Cianjur, dan akan terhubung hingga Padalarang.

Selain itu, tol ini nantinya juga akan terkoneksi dengan Tol Cigatas yang mengarah ke Garut - Tasikmalaya - Ciamis - Banjar - Pangandaran, dimana saat ini tengah berada dalam proses pembebasan lahan.

Keberadaan Jalan Tol Puncak - Cianjur ini juga diharapkan dapat mendukung konektivitas dengan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi atau Bocimi yang saat ini tengah berada dalam tahap konstruksi.

Kedua infrastruktur tersebut akan saling melengkapi, sehingga jalur Jawa Barat Selatan akan menjadi kuat secara ekonomi dan memiliki akses infrastruktur yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x