Sudah Pada Tahu Belum? Cek Tanggal Resmi Penyelesaian Pembangunan Tol Probolinggo - Banyuwangi

- 15 April 2023, 06:28 WIB
Ilustrasi Proyek Jalan Tol. Sudah Pada Tahu Belum? Cek Tanggal Resmi Penyelesaian Pembangunan Tol Probolinggo - Banyuwangi/Tangkapan Layar/Freepik.com @ megafilm
Ilustrasi Proyek Jalan Tol. Sudah Pada Tahu Belum? Cek Tanggal Resmi Penyelesaian Pembangunan Tol Probolinggo - Banyuwangi/Tangkapan Layar/Freepik.com @ megafilm /

CilacapUpdate.com - Berikut ini informasi Kabar terbaru mengenai pembangunan Tol Probolinggo - Banyuwangi (Probowangi) akhirnya tiba.

Pada tanggal 6 Februari 2023, tahap I pembangunan Tol Probowangi secara resmi dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Dengan dibangunnya Tol Probowangi, maka perjalanan dari barat ke timur Pulau Jawa akan tersambung menjadi satu.

Tol ini akan menjadi bagian akhir Tol Trans Jawa dan memudahkan akses menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Probolinggo - Banyuwangi sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan hari ini, setelah menunggu cukup lama, kita akhirnya bisa melihat tindak lanjut dari perjanjian tersebut. Ruas Tol Probowangi ini memiliki nilai investasi sebesar Rp10,7 triliun.

Baca Juga: Tarif Tol Semarang-Batang 2023 Terbaru Sudah Keluar, Apakah Harga Naik atau Turun?

Tol Probolinggo - Banyuwangi memiliki panjang 175,40 km dan dibagi menjadi tujuh seksi yang terbentang dari Gending (Probolinggo) hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Pembangunan tol ini akan dibagi dalam dua tahap. Tahap I saat ini sedang dikerjakan rute Geding - Besuki yang akan memiliki 3 simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki. Selain itu, pada tahap I ini akan dibangun 1 buah TIP (rest area).

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: PUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x