Apakah KUR BRI 2024 Sudah Dibuka Kembali untuk Umum? Bunga Masih 6 Persen, Begini Persyaratannya

- 10 Januari 2024, 14:05 WIB
Apakah KUR BRI 2024 Sudah Dibuka Kembali untuk Umum? /Dok. BRI
Apakah KUR BRI 2024 Sudah Dibuka Kembali untuk Umum? /Dok. BRI /

CilacapUpdate.com - Apakah KUR BRI 2023 sudah dibuka kembali untuk umum? Berita terbaru mengenai alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI menunjukkan peningkatan dari sebelumnya sebesar Rp 207 triliun untuk tahun 2023.

Angka ini naik dari alokasi sebelumnya yang mencapai Rp 257 triliun. Untuk mengetahui detail lebih lanjut seputar KUR BRI terbaru beserta syaratnya, simak informasi di artikel ini hingga akhir.

Bank BRI tetap berkomitmen untuk menyalurkan KUR sebagai langkah mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan dukungan terhadap penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Program KUR merupakan upaya dari Kementerian Koperasi dan UMKM untuk memberikan kredit modal kerja kepada usaha kecil menengah.

Perlu dipahami bahwa KUR bukanlah hibah atau bantuan. Likuiditas yang digunakan berasal dari hasil mobilisasi dana masyarakat, dan dana pinjaman tersebut harus dikembalikan.

Skema bunga KUR BRI adalah 16 persen, terbagi menjadi 10 persen subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk penerima KUR (pelaku usaha mikro dan kecil), dan 6 persen yang harus dibayarkan oleh penerima KUR.

Mengenal Program KUR BRI

Bagi calon pengusaha yang mencari modal untuk memulai bisnisnya, Program KUR BRI dapat menjadi solusi. Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pembiayaan atau kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah yang seluruhnya dimiliki oleh Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur KUR.

Pembiayaan ini disalurkan untuk modal kerja dan investasi kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak.

Subsidi yang diberikan oleh pemerintah melibatkan subsidi bunga dan pola penjaminan. Oleh karena itu, agunan pokok KUR adalah usaha atau objek yang didanai.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x