Revolusi Transportasi: Jalan Tol Bengkulu 16,7 Km Diresmikan dengan Anggaran Rp4,8 Triliun

- 28 September 2023, 01:55 WIB
Revolusi Transportasi: Jalan Tol Bengkulu 16,7 Km Diresmikan dengan Anggaran Rp4,8 Triliun/Foto Ilustrasi: Pixabay.com
Revolusi Transportasi: Jalan Tol Bengkulu 16,7 Km Diresmikan dengan Anggaran Rp4,8 Triliun/Foto Ilustrasi: Pixabay.com /

CilacapUpdate.com - Kota Bengkulu merayakan tonggak sejarah baru dalam bidang transportasi dengan diresmikannya Jalan Tol Bengkulu, sepanjang 16,7 kilometer, oleh Presiden Joko Widodo.

Proyek megah ini, dengan anggaran mencapai Rp4,8 triliun, menandai langkah besar dalam menghubungkan Bengkulu dengan wilayah-wilayah sekitarnya dan berpotensi mengubah pemandangan ekonomi dan mobilitas masyarakat setempat.

Jalan tol yang baru diresmikan ini menjadi bagian penting dari Jalan Tol Trans Sumatera, membawa perubahan positif dalam pengembangan infrastruktur di Sumatera.

Dalam upacara peresmian yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, jalan tol ini menjadi simbol komitmen pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah, mempersingkat waktu perjalanan, dan membuka peluang ekonomi baru.

Baca Juga: Kisah Epik Tol Jagorawi: Pembangunan Proyek Terobosan yang Mengubah Sejarah Jawa Tengah, Gusur Ratusan Hektar?

Proyek ini merupakan bagian dari Tol Bengkulu - Taba Penanjung, yang juga termasuk dalam Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yang lebih besar.

Menurut informasi dari bpjt.pu.go.id, Tol Bengkulu - Taba Penanjung ini adalah seksi ketiga dalam proyek ini, sementara dua seksi lainnya masih dalam tahap persiapan.

Seksi pertama, Lubuk Linggau - Kepahiang, memiliki panjang mencapai 54,5 kilometer, sedangkan seksi kedua, Kepahiang - Taba Penanjung, memiliki panjang mencapai 24,6 kilometer.

Ketiganya, jika digabungkan, membentang sepanjang 95,8 kilometer dan dilengkapi dengan dua simpang susun.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x