Revolusi Tembaga di Jatim: Pabrik Terbesar di Dunia Senilai Rp42 Triliun Akan Berdiri di Jawa Timur

- 12 September 2023, 21:29 WIB
Revolusi Tembaga di Jatim: Pabrik Terbesar di Dunia Senilai Rp42 Triliun Akan Berdiri di Jawa Timur/Dok. rri.go.id
Revolusi Tembaga di Jatim: Pabrik Terbesar di Dunia Senilai Rp42 Triliun Akan Berdiri di Jawa Timur/Dok. rri.go.id /

CilacapUpdate.com - Pada Mei 2024, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah bagi pabrik tembaga terbesar di dunia. Dengan biaya proyek mencapai Rp42 triliun, pabrik tembaga ini akan menjadi salah satu pencapaian megaproyek yang memukau dalam sejarah industri Indonesia.

Namun, mungkin yang lebih mengejutkan adalah bahwa pabrik ini tidak akan berdiri di ibu kota Jawa Timur, Surabaya, melainkan di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik.

Pabrik tembaga ini diumumkan sebagai yang terbesar di dunia, bahkan mengalahkan pesaing berat seperti China dan Swedia, berkat kapasitas produksi yang mengesankan.

Ini adalah langkah besar bagi Indonesia, yang termasuk dalam 7 negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia.

Baca Juga: Jembatan Paling Menakjubkan di Jawa Timur: Keajaiban Arsitektur Telan Dana Triliunan dan Suguhkan View Eksotis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggarisbawahi pentingnya proyek ini dalam upaya untuk memperoleh nilai tambah yang signifikan dari sumber daya alam Indonesia.

Dia menyatakan, "Jadi jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, smelternya, hilirisasinya ada di negara lain.

Nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka." Ini adalah langkah strategis untuk mengubah cara Indonesia memanfaatkan kekayaan alamnya.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x