Jembatan Paling Menakjubkan di Jawa Timur: Keajaiban Arsitektur Telan Dana Triliunan dan Suguhkan View Eksotis

- 10 September 2023, 13:36 WIB
Jembatan Paling Menakjubkan di Jawa Timur: Keajaiban Arsitektur Telan Dana Triliunan dan Suguhkan View Eksotis/Dok. Instagram.com @lovesuroboyo
Jembatan Paling Menakjubkan di Jawa Timur: Keajaiban Arsitektur Telan Dana Triliunan dan Suguhkan View Eksotis/Dok. Instagram.com @lovesuroboyo /

CilacapUpdate.com - Jawa Timur, yang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, juga menyimpan sebuah keajaiban arsitektur yang mengagumkan, yaitu Jembatan Suramadu.

Jembatan megah ini memerlukan investasi sebesar Rp 4,5 triliun dalam pembangunannya. Mulai dari awal konstruksi pada tahun 2003 hingga penyelesaian pada 2009, Jembatan Suramadu menjadi ikon Jawa Timur yang diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Keistimewaan dari Jembatan Suramadu ini tidak hanya terletak pada konstruksinya yang megah, tetapi juga pada pemandangan eksotis yang ditawarkan kepada pengendara yang melintasinya.

Terutama saat melintasi jembatan pada waktu yang tepat, seperti pagi atau sore hari, pengendara dapat menikmati panorama alam yang luar biasa, termasuk matahari terbit dan terbenam yang memukau.

Jembatan Suramadu, dengan panjang mencapai 5.438 meter dan lebar 30 meter, adalah jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Baca Juga: Menemukan Keindahan Tersembunyi: Air Terjun Dolo Kediri, Permata Tersembunyi Jawa Timur

Jembatan ini terbagi menjadi tiga bagian utama: Jalan layang, Jembatan penghubung, dan Jembatan utama.

Namanya sendiri, "Suramadu," menggambarkan fungsi utamanya, yaitu menghubungkan dua pulau penting, Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan).

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x