Papua Siap Gelar Bendungan Terbesar dengan Dana Rp4,7 Triliun, Siapkan Listrik untuk Dua Negara

- 6 September 2023, 18:40 WIB
Papua Siap Gelar Bendungan Terbesar dengan Dana Rp4,7 Triliun, Siapkan Listrik untuk Dua Negara/Foto Ilustrasi: Freepik.com
Papua Siap Gelar Bendungan Terbesar dengan Dana Rp4,7 Triliun, Siapkan Listrik untuk Dua Negara/Foto Ilustrasi: Freepik.com /

CilacapUpdate.com - Di tengah upaya Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur air yang kuat di seluruh negeri, Provinsi Papua ternyata tidak ketinggalan dalam hal ini.

Bendungan Baliem, salah satu proyek terbesar di Papua yang diperkirakan akan menghasilkan listrik sebesar 50 Mega Watt (MW), telah menjadi sorotan utama.

Namun, di balik keambisiusan proyek ini, ada banyak pertanyaan yang muncul. Salah satunya adalah siapa yang sebenarnya akan memiliki proyek ini, mengingat dana yang dibutuhkan mencapai Rp4,7 triliun.

Bukan hanya di Pulau Jawa, Bendungan Baliem di Provinsi Papua menjadi bukti bahwa pengembangan infrastruktur bendungan telah mencapai pesisir timur Indonesia.

Baca Juga: Pulau Misool: Surga Tersembunyi di Papua Barat yang Mirip dengan Film Avatar

Dengan statusnya yang merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia, Bendungan Baliem telah menjadi perbincangan hangat sejak dimulai pada tahun 2021.

Saat ini, proyek ini sudah memasuki tahun ketiga pembangunan dan diharapkan akan selesai pada tahun ke-4.

Tidak hanya berfokus pada pembangunan bendungan itu sendiri, pemerintah juga telah melakukan rehabilitasi terhadap saluran irigasi yang akan terkoneksi dengan Bendungan Baliem.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: PUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x