Keajaiban Tersembunyi di Alas Baluran Situbondo: Waduk Rp422 Miliar yang Mengairi 1800 Ha Sawah

- 2 September 2023, 15:19 WIB
Keajaiban Tersembunyi di Alas Baluran Situbondo: Waduk Rp422 Miliar yang Mengairi 1800 Ha Sawah/Dok. Instagram.com @beautifuljogjakarta
Keajaiban Tersembunyi di Alas Baluran Situbondo: Waduk Rp422 Miliar yang Mengairi 1800 Ha Sawah/Dok. Instagram.com @beautifuljogjakarta /

CilacapUpdate.com - Di tengah hutan perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo terdapat sebuah keindahan alam yang masih tersembunyi.

Waduk ini diberi nama "Waduk Bajul Mati," dan memiliki daya tarik yang tak kalah dengan surga bawah laut di Raja Ampat.

Terletak di kawasan hutan Alas Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, waduk ini menjadi salah satu proyek monumental yang menghabiskan biaya mencapai Rp422 miliar. Namun, apa yang membuat waduk ini begitu istimewa?

Keindahan Alam yang Memukau di Waduk Bajul Mati

Menurut informasi yang dilansir oleh CilacapUpdate.com dari laman resmi pu.go.id, Bendungan atau waduk Bajul Mati ini memiliki luas mencapai 115 hektar.

Waduk ini pertama kali dibangun pada tahun 2006 dan selesai diresmikan pada tahun 2015.

Namun, angka yang lebih mengesankan adalah kapasitasnya yang luar biasa, mampu menampung hingga 10 juta meter kubik air.

Baca Juga: Situbondo Terima Puluhan Juta, Berikut 17 Peluang Usaha di Kabupaten Situbondo yang Bikin Kaya Mendadak

Waduk Bajul Mati memiliki peran penting dalam pertanian daerah sekitarnya. Salah satunya adalah untuk mengairi sawah seluas 1.800 hektare.

Air dari waduk ini dialirkan ke dua wilayah, yaitu Banyuwangi dengan luas 1.400 hektar dan Kabupaten Situbondo dengan luas 400 hektar.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x