Gemilang di Kalimantan Timur: Bandara Kalimarau Raih Gelar 'Terbersih' dengan Investasi 480 Milyar

- 22 Agustus 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi Bandara. Gemilang di Kalimantan Timur: Bandara Kalimarau Raih Gelar 'Terbersih' dengan Investasi 480 Milyar/Dok. Freepik.com
Ilustrasi Bandara. Gemilang di Kalimantan Timur: Bandara Kalimarau Raih Gelar 'Terbersih' dengan Investasi 480 Milyar/Dok. Freepik.com /

CilacapUpdate.com - Indonesia, sebagai negara kepulauan yang luas, memiliki banyak Bandara yang menjadi pusat konektivitas udara antar wilayah.

Salah satu dari Bandara tersebut berdiri megah di pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur.

Dikenal dengan nama Bandara Kalimarau, Bandara ini bukan hanya menjadi bangunan megah yang memudahkan mobilitas penduduk setempat, tetapi juga telah mendapatkan perhatian khusus karena tingkat kebersihannya yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas perjalanan perkembangan Bandara Kalimarau serta mengungkap rahasia di balik statusnya sebagai Bandara terbersih di Kalimantan Timur.

Pusat Konektivitas Udara di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur, sebagai salah satu provinsi di Indonesia dengan potensi sumber daya alam yang besar, memiliki sejumlah Bandara yang melayani mobilitas penduduk dan pengangkutan barang.

Salah satu yang paling menonjol adalah Bandara Kalimarau. Dibangun pertama kali pada tahun 1976 sebagai Bandara perintis dengan landasan pacu hanya sepanjang 650 meter, Bandara Kalimarau telah mengalami berbagai peningkatan signifikan sepanjang beberapa dekade berikutnya.

Baca Juga: Mengurai Keberadaan dan Isu Terkini Jembatan Terbesar di Kalimantan Timur yang Menelan Anggaran Rp300 Miliar

Peningkatan pertama yang signifikan terjadi pada tahun 2006, ketika Bandara ini dilengkapi dengan fasilitas pendaratan visual seperti Precision Approach Path Indicator (PAPI), meningkatkan tingkat keamanan dan akurasi pendaratan pesawat.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah