Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPH 21 Panduan Lengkap dan Praktis

- 14 Agustus 2023, 12:33 WIB
Ilustrasi - Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPH 21 Panduan Lengkap dan Praktis
Ilustrasi - Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPH 21 Panduan Lengkap dan Praktis /Pixabay/Stevepb

CilacapUpdate.com - Mengetahui cara menghitung pajak penghasilan PPH 21 merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para pegawai.

Pajak Penghasilan Pasal 21 atau yang lebih dikenal dengan sebutan PPH 21 adalah salah satu jenis pajak yang diterapkan atas penghasilan berupa gaji, honorarium, upah, tunjangan, dan pembayaran lainnya yang diterima oleh pegawai, mantan pegawai, penerima pesangon, dan sejenisnya.

Bagi banyak orang, menghitung PPH 21 mungkin terdengar rumit, namun sebenarnya dengan pemahaman yang tepat dan langkah-langkah yang jelas, Anda dapat melakukan perhitungan ini dengan mudah.

Kesempatan kali ini, CilacapUpdate akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghitung Pajak Penghasilan PPH 21 secara akurat dan lengkap.

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkah perhitungan yang lebih mendetail, mari kita pahami konsep dasar dari PPH 21.

Pajak ini dikenakan pada penghasilan yang diterima oleh berbagai kategori penerima penghasilan, seperti pegawai tetap, pegawai tidak tetap, penerima pensiun, dan lain sebagainya.

Penghasilan ini mencakup gaji pokok, tunjangan, bonus, serta berbagai komponen pendapatan lainnya.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x