Tidak ada yang Tertinggal, Bansos PKH dan BPNT April Lebaran 2024 Telah Disalurkan: Cara Mudah Cek Penerima!

- 6 April 2024, 12:29 WIB
Tidak ada yang Tertinggal, Bansos PKH dan BPNT April 2024 Telah Disalurkan: Begini Cara Mudah Cek Penerima!./Dok IST
Tidak ada yang Tertinggal, Bansos PKH dan BPNT April 2024 Telah Disalurkan: Begini Cara Mudah Cek Penerima!./Dok IST /

CilacapUpdate.com - Langkah pemerintah dalam memberikan bantuan sosial (bansos) seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) selalu dinantikan masyarakat.

Namun, meskipun jadwal pencairan telah ditetapkan, penyaluran bansos PKH dan BPNT pada bulan April 2024 yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami sedikit kendala.

Informasi terbaru dari Kementerian Sosial menyebutkan bahwa bansos PKH yang seharusnya cair pada awal April mengalami penundaan karena proses pencairan oleh bank-bank penyalur seperti Bank BRI dan Bank Mandiri masih dalam tahap penyelesaian.

Sementara alokasi bantuan PKH periode Januari-Maret 2024 yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia juga belum pasti pencairannya, meskipun Surat Perintah Transfer sudah dikeluarkan.

Tak hanya itu, sejumlah bank penyalur mulai menyalurkan bantuan BPNT untuk alokasi Januari 2024 melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), namun penyalurannya masih berlangsung secara bertahap.

Baca Juga: Shopee Cup ACC 2024/2025: Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Asia Tenggara?

Untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima bansos, Anda bisa melakukan pengecekan secara online dengan mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Cukup isi data alamat lengkap dan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP Anda, lalu ikuti langkah verifikasi yang ditampilkan.

Tak hanya itu, bagi yang terdaftar sebagai peserta PKH 2024, pencairan bisa dilakukan melalui berbagai skema, mulai dari datang langsung ke Kantor Pos, pencairan melalui bank-bank terkait, hingga penyaluran langsung ke rumah penerima manfaat.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah