Revitalisasi Tambak Tradisional: Pembangunan Pabrik Emas Raksasa di Jawa Timur Senilai Rp42 Triliun

- 14 September 2023, 13:44 WIB
Revitalisasi Tambak Tradisional: Pembangunan Pabrik Emas Raksasa di Jawa Timur Senilai Rp42 Triliun/Foto Ilustrasi: Freepik.com @hiv_360
Revitalisasi Tambak Tradisional: Pembangunan Pabrik Emas Raksasa di Jawa Timur Senilai Rp42 Triliun/Foto Ilustrasi: Freepik.com @hiv_360 /

CilacapUpdate.com - Di wilayah Jawa Timur, tengah dibangun pabrik emas skala besar yang diharapkan akan menjadi yang terbesar di Jawa Timur.

Saat ini, pembangunannya telah mencapai lebih dari 72 persen, dengan rencana operasional pada bulan Mei 2024. Proyek ini diproyeksikan akan menghabiskan biaya sekitar USD3 miliar atau setara dengan Rp42 triliun.

Menurut informasi yang dikutip dari CilacapUpdate.com melalui laman Kominfo Provinsi Jawa Timur, pabrik emas ini sedang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated and Ports Estate (JIIPE) Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Proyek ini mendapatkan lahan yang sebelumnya digunakan sebagai tambak tradisional seluas 103 hektar (Ha). Diperkirakan, pabrik ini akan mampu menghasilkan lebih dari 50 ton emas setiap tahunnya.

Baca Juga: Rahasia Sukses Blitar! Kota dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Tertinggi di Jawa Timur Tahun 2023

Selain emas, pabrik pemurnian dan pengolahan tambang mineral ini juga akan memproduksi 600 ribu ton katoda tembaga setiap tahunnya.

Kapasitas pengolahan tembaga di smelter tunggal milik PT Freeport Indonesia (PTFI) ini akan mencapai hingga 1,7 ton konsentrat tembaga, menjadikannya smelter terbesar di dunia.

Dengan perkiraan produksi tembaga yang tinggi, Indonesia berharap dapat menghasilkan keuntungan sekitar Rp76,7 triliun per tahun hanya dari produksi tembaga tersebut.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan

Sumber: Kominfo Provinsi Jawa Timur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x