Mega Proyek Bendungan Baru di Sulawesi Tenggara: Menyediakan Sumber Air dan Stabilitas Lingkungan

- 4 Agustus 2023, 13:40 WIB
Mega Proyek Bendungan Baru di Sulawesi Tenggara: Menyediakan Sumber Air dan Stabilitas Lingkungan/Tangkapan Layar/Instagram.com @bendunganameroro_paket1
Mega Proyek Bendungan Baru di Sulawesi Tenggara: Menyediakan Sumber Air dan Stabilitas Lingkungan/Tangkapan Layar/Instagram.com @bendunganameroro_paket1 /

CilacapUpdate.com - Di tahun 2023, Sulawesi Tenggara akan menyambut kehadiran Bendungan Ameroro yang luasnya mencapai 3,363 hektar.

Proyek pembangunan bendungan ini, yang menghabiskan anggaran APBN senilai Rp1,6 triliun, akan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat di sekitarnya, terutama di daerah hilir Sultra.

Bendungan Ameroro yang berlokasi di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan kawasan strategis yang berperan sebagai penyangga bagi Kota Kendari yang sedang mengalami perkembangan pesat di sektor industri nikel dan pertanian.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Hotel Murah di Kendari Sulawesi Tenggara Tarif Rp125 Ribuan Dapat View dan Fasilitas Bintang!

Salah satu manfaat utama dari bendungan ini adalah menyediakan kebutuhan air bersih yang potensial bagi daerah sekitarnya.

Dengan kapasitas tampung sebesar 98,81 juta meter kubik, bendungan ini diharapkan dapat menyuplai air irigasi ke lahan pertanian dan juga berfungsi sebagai pengendali banjir.

Hal ini akan membantu meningkatkan volume tampungan air dan mengurangi risiko banjir bagi daerah hilir di Provinsi Sultra.

Selain itu, luasnya mencapai 3,363 hektar, sehingga memiliki potensi untuk mengaliri lahan irigasi yang luas dan mendukung sektor pertanian.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x