Apa Itu ATM, Fungsi serta Jenisnya? Simak Penjelasan Disini: Transfer dan Bayar Tagihan Mudah via ATM!

- 29 Mei 2023, 07:22 WIB
Apa Itu ATM, Fungsi dan Jenisnya? Simak Penjelasannya Transfer dan Bayar Tagihan dengan Mudah via ATM!
Apa Itu ATM, Fungsi dan Jenisnya? Simak Penjelasannya Transfer dan Bayar Tagihan dengan Mudah via ATM! /pexels.com / Liliana Drew/

CilacapUpdate.com - ATM adalah mesin yang membantu dalam transaksi keuangan bagi nasabah bank. Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat melakukan berbagai urusan terkait tabungan seperti cek saldo dan transaksi keuangan dengan mudah.

ATM merupakan kependekan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine. Selain penarikan uang, ATM juga dapat digunakan untuk mengisi pulsa dan mengirim uang.

Keberadaan ATM yang tersebar di berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan, perumahan, dan tempat rekreasi mempermudah transaksi keuangan.

 

Baca Juga: Warga Temanggung Cek ATM Sekarang! Kabupaten Temanggung Cairkan 2 BLT, Siap-siap Terima Uang!

Pada tahun 1968, mesin ATM pertama kali diciptakan dan kemudian didaftarkan ke kantor paten pada tahun 1973.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ATM adalah mesin otomatis yang dimiliki oleh bank untuk mengeluarkan uang tunai dengan memasukkan nomor tabungan atau kode tertentu.

Otoritas Jasa Keuangan juga mendefinisikan ATM sebagai mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan menggunakan kartu magnetik bank dengan kode atau sandi.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x