Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Berskala Kecil

- 16 Januari 2022, 01:33 WIB

 

Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Berskala Kecil
Selain konsep dan perencanaan bisnis, mengumpulkan modal menjadi langkah yang penting untuk dilakukan saat baru memulai sebuah usaha. Dengan mengetahui besaran modal di awal ini, kita jadi bisa lebih mengukur produk seperti apa yang akan ditawarkan dan jalur promosi mana yang akan dilalui. Selain itu, modal ini juga menjadi salah satu penggerak utama agar bisnis bisa berjalan di awal dengan sempurna.

Ingin tahu cara mendapatkan modal usaha bagi kalian yang ingin memulai usaha kecil-kecilan? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Cara-cara Mendapatkan Modal untuk Memulai Usaha

Salah satu yang sering jadi hambatan orang-orang untuk memulai usaha mereka adalah ketersediaan modal. Bahkan untuk bisnis berskala kecil sekalipun, urusan modal ini sering sekali menjadi kekhawatiran orang-orang untuk mulai berbisnis.


Nah, bagi kamu yang ingin memulai usaha, tapi masih bingung mendapatkan modalnya, berikut ini adalah cara-cara mendapatkan modal untuk memulai usaha.

 

1. Tabungan pribadi

Untuk menjadi seorang pengusaha, kamu tidak harus langsung terjun dari awal. Jika kamu bukan anak sultan, tak ada yang mengharamkan kok untuk kerja terlebih dahulu sama orang untuk bisa menabung modal awal usaha sendiri nantinya. Modal awal yang berasal dari tabungan sendiri pun jauh lebih mudah untuk mengatur besaran modal yang akan dikeluarkan.

Namun, jika ingin menggunakan tabungan sendiri untuk memulai usaha, cukup pastikan kamu masih menyisakan tabungan untuk keperluan lainnya di luar bisnis. Misalnya, untuk dana darurat ataupun untuk keperluan lainnya.

Halaman:

Editor: Siyam


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x