Awas Denda! Begini Cara Cek dan Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan secara Online

- 21 Mei 2024, 06:06 WIB
Awas Denda! Begini Cara Cek dan Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan secara Online./Dok Indonesia Baik
Awas Denda! Begini Cara Cek dan Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan secara Online./Dok Indonesia Baik /

CilacapUpdate.com - Untuk memanfaatkan layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, peserta diwajibkan membayar iuran bulanan sebelum tanggal 10 setiap bulannya, yang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Namun, jika terjadi keterlambatan pembayaran atau tunggakan, maka status kepesertaan BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan.

Bagi peserta yang mengalami tunggakan, penting untuk segera memeriksanya dan melunasinya agar dapat mengaktifkan kembali status BPJS Kesehatan dan memanfaatkan layanan kesehatan dengan lancar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar tunggakan ini dengan mudah dan praktis:

  1. Aplikasi Mobile JKN: Unduh aplikasi Mobile JKN melalui PlayStore atau AppStore, lalu login menggunakan NIK atau nomor kartu BPJS Kesehatan serta kata sandi.

    Setelah login, pilih menu Info Iuran untuk mengetahui besaran tunggakan. Kemudian, dapat menggunakan Virtual Account dari beberapa bank untuk melakukan pembayaran.

  2. Chat Pandawa: Simpan nomor 08118165165 di handphone, lalu kirim pesan melalui WhatsApp dengan format yang ditentukan.

    Pandawa akan memberikan informasi terkait tunggakan iuran BPJS Kesehatan dan juga memungkinkan pembayaran melalui Virtual Account.

  3. E-Commerce: Buka aplikasi atau situs e-commerce, pilih opsi pembayaran BPJS Kesehatan, dan ikuti langkah-langkah yang muncul untuk menyelesaikan pembayaran tunggakan.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah