Hadeuh! Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan Dihapus 2024, Ini Besaran Iuran Barunya!

- 15 Mei 2024, 07:45 WIB
Hadeuh! Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan Dihapus 2024, Ini Besaran Iuran Barunya!./Dok IST
Hadeuh! Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan Dihapus 2024, Ini Besaran Iuran Barunya!./Dok IST /

 

CilacapUpdate.com - Hadeuh! Mulai tahun 2024 ini, BPJS Kesehatan merencanakan penghapusan kelas 1, 2, dan 3, menggantinya dengan sistem baru yang disebut BPJS Kesehatan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

Ini akan mengubah bagaimana pasien dirawat, tetapi biaya keanggotaan tetap sama karena belum ada perubahan dalam hukum yang mendasarinya, yaitu Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, pemerintah akan membayar biaya keanggotaan.

Sedangkan untuk Veteran, Perintis Kemerdekaan, janda, duda, atau anak yatim piatu dari Veteran atau Perintis Kemerdekaan, biaya keanggotaannya sebesar 5% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang III/a dengan masa kerja 14 tahun per bulan, juga akan ditanggung oleh pemerintah.

Meskipun besaran biayanya tetap sekitar Rp 70.000, Prof Ghufron menyoroti bahwa prinsip kesejahteraan sosial seharusnya memperhatikan masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Baca Juga: Cara Pengajuan KUR BRI 2024 Online, Syaratnya Apa Saja? Simak Ini, Calon TKI Boleh Mengajukan via Web Bisa!

Konsep gotong royong dalam jaminan kesehatan pemerintah, seperti BPJS Kesehatan, dianggap sebagai cara untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

Sebelumnya, perbedaan kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan dapat dilihat dari biaya keanggotaan bulanannya.

Namun, dengan rencana penghapusan kelas tersebut, hal ini menjadi tidak relevan. Meskipun begitu, biaya keanggotaan tetap akan disetor sesuai ketentuan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah