Polsuspas, Polisi Khusus Pemasyarakatan Buka Lowongan 2024: Pahami Syarat, Jadwal, dan Formasi Pendaftaran!

- 21 Mei 2024, 08:59 WIB
Polsuspas, Polisi Khusus Pemasyarakatan Buka Lowongan 2024: Pahami Syarat, Jadwal, dan Formasi Pendaftaran!./Dok Kemenkumham
Polsuspas, Polisi Khusus Pemasyarakatan Buka Lowongan 2024: Pahami Syarat, Jadwal, dan Formasi Pendaftaran!./Dok Kemenkumham /

CilacapUpdate.com - Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka kesempatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), termasuk untuk formasi Polsuspas (Kepolisian Khusus Pemasyarakatan).

Bagi yang berminat mengabdikan diri sebagai anggota polisi khusus di Lembaga Pemasyarakatan, penting untuk mengetahui persyaratan, jadwal, dan formasi Polsuspas tahun 2024.

Persyaratan Pendaftaran Polsuspas 2024 Saat ini, persyaratan resmi pendaftaran untuk Polsuspas tahun 2024 belum diumumkan oleh Kemenkumham.

Meski demikian, kita dapat mengacu pada persyaratan pendaftaran Polsuspas tahun sebelumnya, yaitu 2023, yang telah diterbitkan dalam Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633 tentang Pengadaan CPNS Kemenkumham Republik Indonesia Tahun 2023. Berikut adalah rangkuman persyaratan tersebut:

  1. Kewarganegaraan Indonesia.
  2. Usia minimum 18 tahun dan maksimum 28 tahun untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dengan latar belakang pendidikan SLTA atau yang setara.
  3. Tidak pernah menjalani hukuman pidana penjara selama dua tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah dipecat secara hormat atau tidak hormat sebagai CPNS/PNS/PPPK/TNI/Polri/pegawai BUMN/BUMD, atau dipecat secara tidak hormat dari pekerjaan swasta.
  5. Tidak sedang menjadi CPNS/PNS/PPPK/TNI/Polri/siswa ikatan dinas pemerintah.
  6. Tidak memiliki afiliasi atau keanggotaan dalam partai politik atau terlibat dalam aktivitas politik praktis.
  7. Tidak terlibat dalam organisasi yang dilarang atau organisasi kemasyarakatan yang status hukumnya dicabut.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  9. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan.
  10. Bebas dari ketergantungan pada narkotika, obat-obatan terlarang, atau zat adiktif lainnya.
  11. Bersedia ditempatkan di unit kerja Kemenkumham di seluruh wilayah Indonesia.
  12. Tidak memiliki tato atau bekas tato, kecuali untuk alasan keagamaan atau adat istiadat (wanita hanya diperbolehkan memiliki tindik di daun telinga).
  13. Pelamar untuk jabatan penjaga tahanan dengan latar belakang pendidikan SLTA wajib melamar di tempat tinggal sesuai dengan e-KTP. Jika tidak sesuai, pelamar harus menyertakan surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menyatakan bahwa pelamar telah berdomisili di wilayah tersebut.
  14. Pelamar untuk jabatan penjaga tahanan dengan kebutuhan khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat wajib berdomisili di Provinsi Papua/Papua Barat.
  15. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pelamar pria dan minimal 160 cm untuk pelamar wanita untuk jabatan penjaga tahanan.

Baca Juga: Awas Denda! Begini Cara Cek dan Bayar Tunggakan BPJS Kesehatan secara Online

Jadwal Seleksi CPNS 2024 Menurut informasi yang diunggah oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui akun Instagram, pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 diperkirakan akan dibuka mulai bulan Juni dan ditutup pada awal Juli.

Sekolah kedinasan juga telah memulai proses penerimaan sejak bulan Mei. Saat ini, instansi pusat dan daerah sedang mengajukan proposal mengenai rincian formasi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diverifikasi dan divalidasi.

Setelah proses tersebut selesai, pemerintah akan mengumumkan jadwal pendaftaran seleksi CASN.

Formasi Polsuspas 2024 Alokasi kebutuhan Polsuspas tahun 2023, sebagaimana ditetapkan dalam Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633 tentang Pengadaan CPNS Kemenkumham Republik Indonesia Tahun 2023, adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah