Bukan Hanya Umat Muslim, Umat Katolik di Manado Juga Jalani Puasa Sambil Bersihkan Pantai dan Masjid

- 26 Maret 2023, 20:00 WIB
Penyuluh Agama Katolik
Penyuluh Agama Katolik /kemenag/

CilacapUpdate.com - Saat ini, umat Katolik sedang menjalankan puasa yang berlangsung selama 40 hari terhitung dari Rabu Abu, 22 Februari 2023. Puasa dan pantang adalah kesempatan bagi mereka untuk memurnikan hati, merenungkan hidup dan meningkatkan spiritualitas.

Dalam puasa dan pantang, umat Katolik mengorbankan kesenangan dan keuntungan sesaat untuk memperbaiki diri dan memohon ampun atas dosa-dosanya di masa lalu. Selain itu, mereka juga berusaha untuk mengarahkan diri kepada Tuhan dan sesama.

Umat Katolik tidak hanya mengikuti puasa dan pantang dengan cara menahan diri dari makanan dan minuman saja, tetapi juga melaksanakan aksi nyata yang disebut Aksi Puasa Pembangunan (APP).

Di Kota Manado, misalnya, sekelompok Penyuluh Agama Katolik Non PNS melaksanakan bakti sosial sebagai bentuk APP.

Baca Juga: Kabar Terbaru dari Kemenag Cilacap: Jadwal Imsak dan Waktu Salat Bulan Ramadan 2023 Sudah Terbit!

Penyuluh Agama Katolik Non PNS adalah orang yang dipilih oleh pejabat berwenang untuk memberikan penyuluhan agama kepada kelompok-kelompok tertentu dalam Gereja Katolik, pemerintah, atau masyarakat umum.

Mereka bertugas membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang agama Katolik dan mempromosikan nilai-nilai keagamaan.

Penyuluh Agama Katolik Non PNS juga didukung oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik. Mereka bekerja untuk membimbing dan memberikan dorongan bagi umat Katolik untuk mengembangkan iman mereka dan menjalani kehidupan spiritual yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah