1 Ramadhan 2023 Versi Nahdlatul Ulama (NU) Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 1444 H

- 19 Maret 2023, 13:05 WIB
1 Ramadhan 2023 Versi Nahdlatul Ulama (NU) Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 2023/Tangkapan Layar/instagram.com @Generasi_MudaNU
1 Ramadhan 2023 Versi Nahdlatul Ulama (NU) Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 2023/Tangkapan Layar/instagram.com @Generasi_MudaNU /

CilacapUpdate.com - Umat Islam di seluruh Indonesia sudah tidak sabar menunggu Bulan Ramadhan 2023 yang akan segera tiba.

Saat ini kita sudah memasuki minggu terakhir bulan Syaban, dan semakin dekat dengan Bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci dalam kalender Hijriyah yang penuh berkah. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa.

Namun, seringkali terjadi perbedaan dalam penetapan awal puasa Ramadhan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath), seperti yang telah dijelaskan di laman Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam upaya memberikan informasi yang akurat dan terpercaya, pemerintah, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU) telah menetapkan tanggal perkiraan awal puasa Ramadhan 2023. Sebagai informasi, tanggal yang ditetapkan tersebut bersifat perkiraan dan dapat berubah sesuai dengan keputusan sidang isbat Kementerian Agama.

Baca Juga: 1 Ramadhan 2023 Versi Muhammadiyah Sudah Ditetapkan, Cek Tanggal Berapa?

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, tanggal awal puasa Ramadhan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 27 April 2023. Sementara itu, Muhammadiyah dan NU belum mengumumkan tanggal pasti awal puasa Ramadhan 2023, namun diperkirakan akan jatuh pada tanggal yang sama dengan perkiraan pemerintah.

Meskipun terjadi perbedaan dalam penetapan awal puasa Ramadhan, umat Islam di Indonesia tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama. Hal yang terpenting adalah menjalankan puasa dengan ikhlas dan penuh keikhlasan, serta memperbanyak amal ibadah selama bulan Ramadhan.

Dalam rangka menjalankan ibadah puasa dengan benar dan tepat waktu, umat Islam di Indonesia dapat mengikuti informasi terbaru yang diberikan oleh pemerintah, Muhammadiyah, dan NU mengenai tanggal awal puasa Ramadhan 2023. Dengan begitu, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh ketaatan dan keikhlasan.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah