Penting! Bansos Rp2.400.000 Segera Cair, Catat Syarat dan Cara Daftarnya

- 11 Juni 2024, 13:41 WIB
Penting! Bansos Rp2.400.000 Segera Cair, Catat Syarat dan Cara Daftarnya
Penting! Bansos Rp2.400.000 Segera Cair, Catat Syarat dan Cara Daftarnya /

 

CilacapUpdate.com - Di tengah tantangan ekonomi dan fluktuasi harga bahan pokok, pemerintah hadir memberikan bantuan sosial (bansos) sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

Program bansos ini ditujukan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang memenuhi kriteria tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang bansos Rp2.400.000, termasuk syarat wajib yang harus dipenuhi dan cara mendaftarnya.

Apa Itu Bansos Rp2.400.000?

Bansos Rp2.400.000 merupakan program bantuan pemerintah yang disalurkan kepada KPM setiap tahunnya. Bantuan ini diberikan dalam bentuk uang tunai dan non tunai dengan total nilai mencapai Rp2.400.000 per KPM.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat, terutama mereka yang terdampak kenaikan harga bahan pokok.

Siapa Saja yang Berhak Menerima?

Tidak semua orang bisa mendapatkan bansos ini. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar seseorang bisa terdaftar sebagai penerima. Berikut adalah syarat-syarat wajib penerima bansos Rp2.400.000:

1. Tidak Memiliki Gaji UMR: Bantuan ini diprioritaskan bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap atau berpenghasilan rendah di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

2. Terdaftar di DTKS dan SIKS-NG: Calon penerima harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Data ini akan menjadi acuan pemerintah dalam memvalidasi dan memverifikasi data calon penerima.

3. Bukan Pendamping Sosial: Calon penerima tidak boleh sedang berstatus sebagai pendamping sosial pada program bantuan sosial lainnya. Hal ini untuk memastikan pemerataan bantuan kepada masyarakat yang lebih luas.

4. Keluarga Tidak Mampu: Kriteria utama penerima bansos adalah keluarga dengan kondisi ekonomi tidak mampu.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub