4 Buah-buahan Khas Kabupaten Kebumen versi BPS, Nomor Terakhir Harganya Kadang Gila dan Pengaruhi Inflasi!

- 6 Juni 2023, 13:01 WIB
Terobosan Baru! 4 Buah-buahan dan Pertanian Khas Kabupaten kebumen yang Menawarkan Cuan Menggiurkan!
Terobosan Baru! 4 Buah-buahan dan Pertanian Khas Kabupaten kebumen yang Menawarkan Cuan Menggiurkan! /tangkapan layar/

CilacapUpdate.com - Kebumen adalah daerah yang memilki banyak keragaman dan kagiatan positif yang baik untuk di tiru dan modifikasi oleh daerah yang lebih baik.

Kabupaten Kebumen secara administratif terdiri dari 26 kecamatan dengan luas wilayah sebesar 128.111,50 hektar atau 1.281,115 km², dengan kondisi beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan perbukitan, sedangkan sebagian besar merupakan dataran rendah.

Dari luas wilayah Kabupaten Kebumen, pada tahun 2013 tercatat 39.748,00 hektar atau sekitar 31,03% merupakan lahan sawah dan 88.363,50 hektar atau 68,97% lahan kering.

Menurut sistem irigasinya, sebagian besar lahan sawah beririgasi teknis (50,34%), dan hampir seluruhnya dapat ditanami dua kali dalam setahun, beririgasi setengah teknis (9,23%), beririgasi sederhana (5,77%), beririgasi desa (2,65%) dan sebagian berupa sawah tadah hujan dan pasang surut (32,02%).

Baca Juga: Mau Gaji Melimpah? Temukan 16 Pekerjaan Menarik di Kota Surakarta yang Dapat Memikat Calon Mertua! 

Wilayah Kebumen memiliki tanah yang subur, masyarakatnya dikenal telaten, semangat, dan pandai memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencari penghasilan tambahan.

Salah satu contohnya adalah pemanfaatan lahan kosong untuk bercocok tanam sayuran, buah-buahan, pepohonan dan berbagai komoditas lainnya.

Kebumen juga terkenal sebagai penghasil buah dan pertanian terbesar di Indonesia, dengan empat jenis buah khas yang menjadi ciri khas kabupaten ini. 

Bukan hanya sebagai penghasil buah dan pertanian, perkebunan juga merupakan salah satu sektor ekonomi terbesar di Kebumen.

Setiap tahun, ribuan ton buah-buahan diproduksi oleh para petani di kabupaten ini.

 Baca Juga: PACITAN Cair Lagi! Pemilik BPJS KIS PBI di Kabupaten Pacitan Berhak Dapat Bansos PKH, Cek Saldo?

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: BPS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x