4 Buah Khas Banyumas Ini Menjadi Pilar Ekonomi Daerah, Nomor Terakhir Jadi Buruan Masyarakat!

- 5 Juni 2023, 10:03 WIB
Buah khas Banyumas sebagai pilar ekonomi masyarkat
Buah khas Banyumas sebagai pilar ekonomi masyarkat /tangkapan layar/

CilacapUpdate.com - Banyumas adalah daerah yang sibuk dan ramai dengan berbagai kegiatan, baik itu pelajar, pekerja, petani, pedagang, dan lain sebagainya.

Wilayah Banyumas memiliki tanah yang subur, masyarakatnya dikenal telaten, semangat, dan pandai memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencari penghasilan tambahan.

Salah satu contohnya adalah pemanfaatan lahan kosong untuk bercocok tanam sayuran, buah-buahan, pepohonan dan berbagai komoditas lainnya.

Banyumas juga terkenal sebagai penghasil buah-buahan terbesar di Indonesia, dengan empat jenis buah khas yang menjadi ciri khas kabupaten ini.

Baca Juga: Gelar Bergengsi! Kabupaten Kuningan Rilis 10 SMA Terbaik yang Membuat Kuningan Cerdas Menurut Kemendikbud

Bukan hanya sebagai penghasil buah-buahan, pertanian dan perkebunan juga merupakan salah satu sektor ekonomi terbesar di Banyumas.

Setiap tahun, ribuan ton buah-buahan diproduksi oleh para petani di kabupaten ini.

Dengan adanya sumber penghasilan yang jelas seperti ini, diharapkan potensi ekonomi Banyumas dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

Pertanian dan perkebunan bukan hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga memiliki dampak positif bagi lingkungan.

Dengan adanya kegiatan pertanian dan perkebunan di Banyumas, lahan-lahan kosong dapat dimanfaatkan secara produktif, mengurangi kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit tanaman dan hama, serta menjaga keberlanjutan ekosistem alam.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: BPS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x