Harga Hewan Qurban di Kabupaten Probolinggo yang Bersahabat dengan Isi Dompet: Panduan Lengkap

- 7 Juni 2023, 15:25 WIB
Ilustrasi Hewan Qurban/Tangkapan Layar/YouTube.com
Ilustrasi Hewan Qurban/Tangkapan Layar/YouTube.com /

CilacapUpdate.com - Dalam agama Islam, qurban memiliki pengertian yang sangat penting.

Ibadah qurban dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT dan juga sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama.

Dalam melaksanakan ibadah qurban, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami, seperti syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang akan melakukan qurban, waktu pelaksanaan qurban, serta keharusan memiliki niat yang ikhlas dalam menjalankan ibadah qurban.

Pengertian qurban dalam Islam adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan tertentu sebagai bentuk pengorbanan kepada Allah SWT.

Hewan yang dikurbankan dalam qurban meliputi sapi, kambing, kerbau, atau unta.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Masyarakat, Imigrasi Cilacap Buka Layanan Paspor Kancil Ngapak Kebumen

Syarat-syarat qurban yang harus dipenuhi oleh orang yang akan melakukan qurban meliputi syarat-syarat hewan, seperti usia minimal, kesehatan yang baik, dan tidak memiliki cacat yang signifikan.

Selain itu, juga terdapat syarat-syarat rukun qurban yang telah ditentukan, seperti niat yang ikhlas, pemotongan hewan qurban pada waktu yang telah ditetapkan, dan pembagian daging qurban kepada tiga golongan, yaitu fakir miskin, kaum dhuafa, dan keluarga sendiri.

Waktu pelaksanaan qurban juga merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Ibadah qurban dilakukan pada tanggal 10,11,12dan 13 Dzulhijjah, yang merupakan salah satu hari raya besar dalam agama Islam.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x