Ternyata Mudah! Inilah Cara Daftar DTKS Kemensos dan Dapatkan Bantuan Sosial untuk Keluarga

- 30 Maret 2023, 01:19 WIB
Ternyata Mudah! Inilah Cara Daftar DTKS Kemensos dan Dapatkan Bantuan Sosial untuk Keluarga/Tangkapan Layar/cekbansos.kemensos.go.id
Ternyata Mudah! Inilah Cara Daftar DTKS Kemensos dan Dapatkan Bantuan Sosial untuk Keluarga/Tangkapan Layar/cekbansos.kemensos.go.id /

CilacapUpdate.com - DTKS atau Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial adalah sebuah database yang berisi data penerima bantuan sosial di Indonesia.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai penerima bantuan dari Kemensos, berikut adalah tata cara dan alur pendaftaran DTKS Kemensos yang mudah diikuti.

Pertama-tama, Anda dapat mendaftar melalui RT/RW/Kelurahan di wilayah setempat. Pendaftaran dilakukan sesuai dengan Permensos No 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan DTKS.

Pengusulan DTKS dapat dilakukan melalui RT/RW/Kepala Dusun/Lurah dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di wilayah setempat, yang sesuai dengan alamat KTP.

Baca Juga: Penerima Bansos PKH KIS BPJS Kesehatan Ternyata Pemilik KIS PBI JK, Berapa Jumlah Besarannya?

Selanjutnya, pengusulan yang masuk ke kelurahan akan ditindaklanjuti melalui Muskal/Muskel serta verifikasi dan validasi sebelum disahkan oleh kepala daerah dan dikirim ke Pusdatin Kemensos melalui aplikasi SIKS-NG.

Anda bisa memeriksa apakah nama Anda sudah terdaftar di DTKS atau belum, dengan mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id secara berkala.

Jika sudah terdaftar DTKS maka Anda bisa mengusulkan diri sebagai penerima bantuan dari Kemensos.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x