BANTEN TERTINGGAL? Lima Daerah Paling Miskin di Provinsi Banten Berdasarkan Pendapatan Per Kapita Terendah

- 24 Maret 2023, 04:04 WIB
Ilustrasi Kemiskinan. BANTEN TERTINGGAL? Lima Daerah Paling Miskin di Provinsi Banten Berdasarkan Pendapatan Per Kapita Terendah/Tangkapan Layar/pixabay.com
Ilustrasi Kemiskinan. BANTEN TERTINGGAL? Lima Daerah Paling Miskin di Provinsi Banten Berdasarkan Pendapatan Per Kapita Terendah/Tangkapan Layar/pixabay.com /

CilacapUpdate.com - Provinsi Banten merupakan provinsi termuda di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2000. Berbatasan langsung dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat, provinsi ini terbagi menjadi 8 wilayah, terdiri dari 4 kabupaten dan 4 kotamadya dengan luas 9.663 km2.

Meski letak geografisnya sangat strategis dan perekonomiannya berkembang pesat, Banten masih menghadapi masalah kemiskinan yang cukup serius.

Provinsi ini memiliki sejarah tersendiri karena merupakan hasil pecahan dari Jawa Barat yang dinilai terlalu luas. Diresmikan menjadi provinsi ketiga puluh di Indonesia pada tahun 2000, Banten punya potensi besar untuk maju.

Baca Juga: PNS BANTEN JELAS GEMBIRA, THR PNS 2023 di Provinsi Banten Bakal Cair Lebih Cepat, Cek Rekening?

Namun, nyatanya masih banyak daerah di provinsi ini yang warganya hidup di bawah garis kemiskinan. Tingginya angka kemiskinan di tiap daerahnya menjadi masalah terbesar yang dihadapi pemerintah Provinsi Banten.

Data terakhir dari pemerintah menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin di Banten pada tahun 2022 mencapai 814,02 ribu jiwa dari total penduduk sebanyak 12.251.985 jiwa.

Angka tersebut menurun dibandingkan dengan tahun 2021 yang pernah mencapai 867,23 ribu jiwa. Namun, pendapatan warga yang hidup di bawah garis kemiskinan terendah hanya mencapai Rp358.479 per bulan, jauh di bawah UMP Banten yang mencapai Rp2,6 juta.

Dalam artikel ini, akan diungkapkan 5 daerah termiskin di Banten berdasarkan pendapatan per kapita terendah dalam satu bulan. Dilansir dari banten.bps.go.id, daerah-daerah tersebut adalah:

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: BPS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x