Masuk Bulan Ramadhan 1444 H, Pemerintah Pastikan Harga Sembako Stabil

- 23 Maret 2023, 09:29 WIB
Mendag jamin harga pangan stabil memasuki Ramadhan 1444 H
Mendag jamin harga pangan stabil memasuki Ramadhan 1444 H /Tangkapan Layar/

CilacapUpdate.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin harga bahan pangan pokok stabil memasuki puasa Ramadhan 1444 H yang akan dimulai pada Kamis (23/3).

“Harga pangan, saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana masih stabil, mudah-mudahan naiknya engga banyak,” kata Zulkifli Hasan kepada media di Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

Mendag pun menyebutkan sejumlah komoditas yang harganya masih stabil pada H-1 Ramadhan di antaranya bawang, telur ayam, daging ayam dan beras Bulog yang masih murah di beberapa tempat seperti di Surabaya, Mojokerto dan Mamuju.

Baca Juga: Ruyat e-Hilal Committee-Japan Sudah Memutuskan, Muslim di Jepang Berpuasa Ramadhan Hari Ini Kamis 23 Maret

“Bawang Rp30 ribu (per kg), daging ayam Rp33 ribu hingga Rp35 ribu (per kg) masih murah. Pasar di Mojokerto juga harganya malah di bawah lagi, barangnya tersedia banyak,” ucapnya.

Tak hanya itu, Mendag juga menegaskan bahwa stok MinyaKita masih banyak di pasar-pasar tradisional. Pihaknya sengaja tak mendistribusikan minyak subsidi tersebut ke ritel modern maupun marketplace karena memang ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah.

“Kalau cari di marketplace engga ada, di ritel modern engga ada, kita kembalikan ke pasar dulu, karena memang minyak kita itu untuk ibu-ibu. Begitu sukses, begitu terkenal, semua orang cari MinyaKita, akhirnya premium pindah ke MinyaKita. Itu engga cukup, itu kita sudah tambah dari 300 ribu ton menjadi 400 ribu ton per bulan,” ucapnya.

Baca Juga: Ramadhan Mubarok, Inilah 10 Keutamaan Bulan Puasa yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Mendag pun berharap kestabilan stok dan harga pangan selama Ramadhan dan Lebaran 2023 ini bisa senantiasa terjaga.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah