Jadi Pusat Kegiatan Nasional, Cilacap Mesti Miliki Standar Penanganan Limbah B3

- 18 Mei 2024, 07:56 WIB
Simulasi penanganan bencana limbah B3 : Jadi Pusat Kegiatan Nasional, Cilacap Mesti Miliki Standar Penanganan Limbah B3 ./ cilacapkab.go.id
Simulasi penanganan bencana limbah B3 : Jadi Pusat Kegiatan Nasional, Cilacap Mesti Miliki Standar Penanganan Limbah B3 ./ cilacapkab.go.id /

CilacapUpdate.com – Sri Murniyati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, menegaskan pentingnya standar penanganan limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) di daerah ini, mengingat Cilacap merupakan pusat kegiatan nasional dengan keberadaan banyak perusahaan nasional maupun multinasional.

Hal tersebut disampaikan Murniyati saat kegiatan simulasi penanganan bencana limbah B3, kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PT. Pertamina Patra Niaga Regional 3 Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dengan tahap gladi di Hotel Aston Cilacap dan dilanjutkan dengan koordinasi serta tinjauan lokasi simulasi di Dusun Jakadenda, Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari pada Rabu (15/5/2024).

Upaya (Standar penanganan),Murniyati, menambahkan, menjadi penting untuk meminimalisir dampak yang lebih besar serta menjadikan Cilacap sebagai contoh yang baik bagi kabupaten dan kota lainnya dalam penanganan limbah berbahaya tersebut.

Masih pada kesempatan sama, Aji Anom Purwasakti, Eksekutif General Manager Pertamina Patra Niaga Regional 3 Jawa Tengah, mengatakan, bahwa pihaknya secara rutin melakukan pelatihan penanganan darurat, dan menggarisbawahi pentingnya koordinasi dari semua pihak terkait.

Baca Juga: KPU Cilacap Cium Ada Potensi Gangguan Kamtibmas pada Pilkada Serentak 2024 Mendatang

Dilansir cilacapkab.go.id, Dia juga menyampaikan apresiasi atas keterlibatan dalam simulasi penanganan bencana ini.

Simulasi tersebut dilaksanakan di lokasi dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait dan warga setempat pada Kamis (16/5/2025).

Semua prosedur dan dokumentasi dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kabupaten/kota lain dalam penanganan bencana akibat limbah B3.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: cilacapkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah